Tips Memilih Gamis Syar’i Untuk Pemula

Tips Memilih Gamis Syar'i Untuk Pemula
Memilih gamis syar’i untuk pemula mungkin masih terasa aneh didengarnya, khususnya untuk kata pemula. Walaupun begitu ternyata di negeri dengan mayoritas Muslim ini ternyata juga masih banyak yang sudah berumur, namun masih banyak yang pemula dan yang baru mau belajar mengenakan gamis dalam kesehariannya khususnya gamis yang bermodel syar’i. Jadi tips memilih gamis syar’i bagi pemula ini kiranya masih cocok di jadikan sebagai referensi bagi semua usia dan semua kalangan.

Tips memilih gamis syar’i ini kami buat karena memang dari beberapa pengalaman yang masuk baik dari pelanggan maupun selainnya yang baru akan belajar mengenakan gamis syar’i terkadang masih merasa repot, ribet, dan aktifitasnya terganggu karena belum terbiasa berbusana gamis. Terkadang ada juga yang merasa terkekang, atau merasa panas, sumpek dan lain sebagainya ketika memakai gamis khususnya gamis syar’i. Hal ini biasanya dikarenakan sebelumnya kebanyakannya kebiasaan mereka berbusana yang mini dan terbuka, sehingga ketika ia menyadari pentingnya berbusana syar’i, maka ia harus menyesuaikan diri dengan berbagai macam ketidak nyaman yang mungkin ia akan rasakan.

Ada juga ketika dalam masa peralihan mengenakan gamis dengan model model polos dan syar’i merasa tidak rapi, kurang pede ketika dipakai dalam acara resmi, kurang pede dipakai ketika kondangan (walimah dan sejenisnya), kurang modis dan lain sebagainya. Hal – hal seperti ini biasanya hanya berasal dan perasaan yang sumbernya karena berbeda kebiasaan. Jika sebelumnya sering memakai busana yang full variasi dengan segala macam pernak perniknya dan langsung berubah pada gamis syar’i yang simpel, polos, maka ia merasa pakaiannya terlalu sederhana dan kurang rapi.
Set Gamis Syar'i Cadar Bandana
Oleh karena itu penting kita perhatikan beberapa tips memilih gamis syar’i untuk pemula berikut ini,

ü  Pilih gamis syar’i satu set dengan jenis kain yang sama

Salah satu tips memakai gamis syar’i bagi pemula yang merasa kurang rapi ketika memakai gamis polos, maka salah satu yang dapat anda lakukan adalah memilih gamis syar’inya satu set dengan gamis, jilbab, dan cadar dari jenis kain dan warna kain yang sama. Misalnya gamis syar’i dari kain wolfis warna hitam, maka jilbab dan cadarnya juga sama dari kain wolfis berwarna hitam juga.

ü  Pilih cadar dengan model cadar bandana

Juga masih tips memilih gamis syar’i bagi pemula yang merasa kurang rapi ketika berbusana syar’i adalah memilih cadar dengan model cadar bandana. Terkadang jika kita lihat dari segi kerapihan, antara memakai cadar tali dan cadar bandana itu terlihat lebih rapi ketika muslimah memakai cadar bandana dan lebih kuat merekat di muka.

ü  Pilih cadar tali

Tips memilih cadar tali ini di khususnya bagi anda yang menginginkan kepraktisan dalam memakai set gamis syar’i dan tidak terlalu mementingkan unsur kerapihan. Karena tidak dipungkiri, cadar tali ini merupakan salah satu pelengkap gamis syar’i yang paling praktis lepas pakai.

ü  Pilih gamis yang longgar

Merupakan salah satu tips memilih gamis syar’i bagi pemula yang merasa ribet dan sumpek ketika berbusana syar’i yaitu memilih gamis yang longgar dan lebar di bagian bawahnya. Dan memang kabanyakan gamis gamis yang bermodel syar’i biasanya berukuran lebih besar dibanding gamis gamis model yang modis, sehingga dengan memih gamis yang benar-benar syar’i sesuai dengan ukuran badan anda maka otomatis anda akan mendapatkan gamis yang longgar.

ü  Pilih gamis yang lebar

Masih tips memilih gamis syar’i bagi anda yang ingin berbusana syar’i tidak ribet dan tetap nyaman adalah dengan memilih gamis yang bermodel lebar dibagian bawah. Dengan memakai gamis lebar di bagian bawah ini maka anda akan lebih leluasa beraktifitas tanpa dibatasi oleh gamis anda. Dan salah satu model gamis lebar yang cocok di jadikan referensi bagi pemula adalah set gamis umbrella dengan model yang syar’i.

ü  Pilih gamis dengan dasar kain yang nyaman

Kualitas kain pembuat gamis syar’i ini juga merupakan faktor penting penentu kenyamanan memakai busana syar’i. Maka bagi anda yang masih pemula dalam berbusana gamis syar’i penting anda perhatikan kualitas kain pada produk gamisnya. Pilih gamis yang terbuat dari kain-kain yang bersifat dingin dan lembut. Sehingga ketika gamis yang dipakai besar dan menutupi seluruh tubuh anda, maka karena kainnya yang dingin dan lembut, anda tetap nyaman beraktifitas tanpa terganggu dengan rasa gerah. Beberapa referensi pilihan kain untuk gamis syar’i yang dingin dan nyaman diantaranya adalah kain wolfis grade a, torino grade a, atau selainnya.

ü  Pilih kain gamis yang tidak terlalu tebal namun tidak transparan

Memilih kain gamis yang tidak terlalu tebal dan tidak trnasparan ini juga merupakan salah satu tips berbusana syar’i yang nyaman bagi pemula. Hal ini karena dengan memakai gamis yang tidak terlalu tebal dan sudah tidak trnasapran akan membuat gamis terasa dingin dan tidak panas.

ü  Pilih gamis dari kain yang tidak mencetak tubuh

Belakangan ini marak dan banyak dijual gamis yang katanya syar’i namun terbuat dari kain – kain dengan jenis yang nyeplak / mencetak tubuh. Sehingga ketika gamis ini dipakai maka bukan menutupi lekuk tubuh, malah justru bentuk tubuh dari satu sudut ke sudut lain terlihat jelas walaupun kainnya tebal. Oleh karena itu bagi anda yang ingin berbusana syar’i, hendaknya anda pilih gamis syar’i dari bahan-bahan kain yang tidak nyeplak dan tidak mencetak tubuh, seperti kain wolfis, yoris, wolly crepe atau sejenisnya.

Fanpage RUMAH BELANJA MUSLIM
Akun FB RUMAH BELANJA WHYLUTH

0 komentar: